5 Tempat Wisata Keren di Garut yang Bisa Dikunjungi dalam Sehari

Bagi sahabat inindonesiaku.com yang tinggal di Bandung, Jakarta atau sekitarnya mungkin sudah tidak asing lagi dengan Garut. Kota yang dikenal dengan keunikan “domba” nya, dodolnya, kerajinan kulitnya, juga kelezatan kulinernya. Tak salah memang, tapi anda juga perlu tahu, kalau panorama Garut juga tak kalah indahnya.

Garut berada diantara Bandung dan Tasikmalaya. Saya sendiri boleh dibilang cukup sering ke kota ini. Baik untuk liburan, sekedar singgah, ataupun untuk bekerja. Karena itu, kali ini saya akan mengajak anda ikut mengeksplore Swiss van Java, sekaligus memamerkan keindahannya.

  1. Pemandian Air panas Cipanas

Karena letaknya yang diapit pegunungan berapi yang masih aktif, maka Garut memiliki pemandian air panas alami. Pemandian ini sebenarnya ada di 3 tempat, yaitu Cipanas, Kawah Talaga Bodas, dan Darajat. Tapi saya sih prefer ke Cipanas, karena aksesnya lebih mudah dijangkau jika ditempuh dari Bandung. Oh iya, di Cipanas ini banyak terdapat villa yang bisa anda sewa. Harganya terjangkau. Biasanya, di villa tersebut sudah ada bak rendam air panas di dalam kamar/bungalow, dan ada juga kolam renang air panas yang disediakan oleh pengelola villa. Harga sewa bungalow 2 kamar, dengan 1 kamar mandi dan kapasitas 10 orang Rp600.000.

  1. Pemancingan Ikan Karangpawitan

Buat anda yang hobby mancing, anda bisa datang ke kawasan ini. Karangpawitan, sebuah desa di pinggiran kota Garut yang banyak terdapat kolam pemancingan. Anda bisa mancing, lalu hasilnya bisa langsung dimasak dan dinikmati di tempat.

  1. Karacak Valley

ini adalah hutan pinus di atas awan. Rutenya memang cukup terjal untuk dilewati kendaraan, dan lumayan jauh dari pusat kota Garut. Tapi panoramanya worth it untuk dinikmati. Masih sangat alami dan terjaga. Biaya masuk ke Karacak Valley ini Rp10.000/orang.

  1. Alun-alun Garut

Alun-alun ini terletak di pusat Kota Garut (Ya iyalah, namanya juga alun-alun). Di sore hari, tempat ini menawarkan aneka atraksi seperti becak kecil yang ditarik oleh domba, badut, delman, juga aneka kuliner khas Garut.

  1. Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang

Belum ke Garut kalau belum mampir ke Sukaregang. Disini anda bisa membeli kerajinan dari bahan kulit yang sudah berbentuk jaket kulit, tas, sepatu, sandal, ikat pinggang, dompet, bahkan aksesoris seperti kalung, gelang, dan lain sebagainya. Selain bisa membeli barang yang dipajang di display toko, anda juga bisa memesan custom made agar lebih puas. Harganya? Sangat-sangat terjangkau. Dan kulitnya dijamin asli. Sebagai gambaran, harga tas kulit embos sekitar Rp250.000/buah. Jaket kulit mulai Rp750.000an, sendal mulai dari Rp50ribuan. Murah bukan?

Menurut rekan saya yang asli orang Garut, di tempat ini mungkin desain barangnya biasa, tapi kualitas kulit dijamin asli.

Nah sudah lihat kan Garut itu cantik untuk dieksplore? Tak harus jauh-jauh terbang ke Swiss, karena Jawa Barat punya Swiss van Java, Garut. Sayangnya, di Garut belum ada bandara, jadi sekarang nikmati dulu perjalanan darat menuju Garut. Nikmati pesona budayanya, nikmat kulinernya, juga keindahan alamnya yang memanjakan mata.  5 Tempat Wisata Keren di Garut yang Bisa Dikunjungi dalam Sehari a place to remember.

Happy traveling…

 by Arum Silviani