Batu Hangus, Lava Indah dari Gamalama

Batu Hangus, Lava Indah dari Gamalama - by Arum Silviani

letusan gamalama

Masih dalam rangkaian pengalaman saya menikmati surga dunia Indonesia di Pulau Ternate, saya akan mengajak sahabat inindonesiaku.com pecinta Indonesia untuk menyusuri tempat yang oleh masyarakat setempat dijuluki Batu Hangus. Terletak di batas kota Ternate, kita akan menemukan hamparan tanah yang dipenuhi bongkahan indah bebatuan berwarna hitam. Batu Hangus sebenarnya merupakan hasil muntahan lava Gunung Gamalama yang mengalir deras ke bumi ratusan tahun yang lalu. Lava tersebut mengeras, menjadi batu, dan berwarna hitam pekat. Sehingga oleh masyarakat setempat disebut sebagai Batu Hangus. Sebenarnya ada dua lokasi Batu Hangus. Namun lokasi Batu Hangus yang saya susuri pada kesempatan ini adalah bekas letusan Gunung Gamalama sekitar tahun 1980-an. Lokasi ini begitu istimewa, lantaran sedikit berada di pinggir jalan raya Ternate yang mulus dan selalu tampak menyenangkan.

Saya bertandang kemari pada Juni 2012. Ketika itu Gunung Gamalama belum lama menumpahkan isi perutnya ke bumi Ternate. Bekas-bekas letusan masih terlihat jelas, jalanan tenang terselubungi pasir, banyak terlihat pepohonan yang meranggas bekas terbakar, bebatuan masih betah memenuhi pinggiran jalan, sisa rumah-rumah penduduk yang terbawa arus lahar panas Gunung Gamalama juga belum selesai dibersihkan. Bahkan menurut pemandu saya, jembatan yang baru saja selesai dibangun pun terseret lahar panas dan hancur. Dahsyatnya letusan Gunung Gamalama mengakibatkan permukiman yang padat kini hanya tinggal bongkahan kayu. Menyisakan kesan gersang nan miris, menggugah hati siapapun untuk memanjatkan do’a sekaligus memaknai keagungan Tuhan. Namun sepertinya duka sudah berlalu, lalu lalang penduduk sekitar menandakan Ternate kembali menggeliat. Senyum mereka tersungging lebar, pertanda mereka ramah memperlakukan alam, terutama Batu Hangus, Lava Indah dari Gamalama.  

jalan gamalama

Setelah menyusuri jalanan berpasir, kami kembali melewati jalan mulus. Bersih, dengan latar Gunung Gamalama dan lautannya yang membiru. Bentangan pulau Halmahera juga terlihat dari sini. Menjadi perpaduan yang sempurna untuk menikmati sore di daftar surga Indonesia yang harus sahabat inindonesiakumasukkan sebagai tujuan perjalanan wisata suatu saat nanti. Untuk mencapai lokasi ini, kendaraan bermotor selalu bisa jadi pilihan.

batu hangus 2

bergaya di batu hitam 1

Puas menikmati suasana di Batu Hangus, tujuan berikutnya adalah Benteng Tolukko. Sebuah situs peninggalan sejarah yang menjadi saksi bisu penjajahan Bangsa Portugis. Tetap bersama saya di inindonesiaku, saya akan kembali berbagi keindahan tempat menakjubkan lainnya di wilayah IndonesiaBatu Hangus, Lava Indah dari Gamalama, A Place to Remember.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

comments

Comments are closed.