Gunung Api Purba, Nglanggeran Yogyakarta, Serunya Mendaki Ceria

Gunung Api Purba, Nglanggeran Yogyakarta, Serunya Mendaki Ceria

Cuaca di Yogyakarta pagi itu memang tampak murung dan kurang ceria, keluar dari hotel saja gerimis sudah menyapa dengan manis dan hujan ringan setia menemani perjalanan saya dan sahabat inindonesiaku.com menuju Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk. Apapun cuaca nya tidak mampu menghentikan niat saya yang sudah terlanjur janji ingin bertemu dengan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Kurang lebih 1 jam saya berkendara motor dari pusat kota Yogyakarta. Kesan pertama terlihat sambutan agak kaku dari si Gunung Api Purba saat di pintu masuk tetapi begitu menjajaki pekarangan depannya saja kehangatan sudah ditawarkan. Segarnya udara dan banyaknya dedaunan hijau membuat semangat langkah ini untuk mendaki menuju puncak. Jalur pendakiaan sampai ke puncaknya cocok sekali untuk saya yang tidak pernah mendaki gunung, petunjuk arahnya jelas dan jalan setapaknya tersusun rapi. Cuaca yang sedikit mendung dan banyaknya bekas air hujan yang turun membuat beberapa jalur pendakian sedikit licin tetapi masih mudah dilalui. Untuk menuju puncak harus merasakan yang namanya jalan di lorong sumpitan. Seru sekali melalui lorong ini karena hanya muat untuk 1 orang saja, sebelah kanan dan kiri dari badan saya berdiri batu besar tinggi menjulang dan saya merasa seperti terjepit tetapi tetap bisa jalan. Ada juga jalanan agak menanjak yang harus saya lalui hanya dengan berpegang pada sebuah tali ataupun saya harus menapaki beberapa anak tangga yang terbuat dari kayu. Gunung Api Purba, Nglanggeran Yogyakarta, Serunya Mendaki Ceria ini selalu membelai hangat setiap pengunjung yang datang.

Puas bukan main karena saya dan sahabat berhasil mencapai puncak Gunung Api Purba ini dalam waktu kurang lebih 1 jam. Di temani sedikit gerimis saya menapaki tangga kayu terakhir yang dibuat untuk menuju puncak Gunung ini dan ternyata kabut sudah asik bermain di puncaknya, syukurlah saat beberapa menit berada di puncak akhirnya Gunung Api Purba memberikan sedikit gertakan yang berhasil mengusir kabut pergi dan saya pun langsung terkagum melihat keindahan pemandangan bebatuan vulkanik raksasa dan panorama desa – desa yang ada di kaki Gunung.  Gunung Api Purba, Nglanggeran Yogyakarta, Serunya Mendaki Ceria merupakan pengalaman yang membuat saya benar – benar merasakan belaian alam dan sungguh a place to remember.

by Ina_nty

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

comments