Halmahera (Part 1), Teater Hewan Macro di Laut Ternate

Halmahera (Part 1), Teater Hewan Macro di Laut Ternate – by Athinx Brau

Halmahera, tempat ini adalah yang pertama kali menjadi referensi dari seorang teman inindonesiaku.com, ketika saya mencari tempat bagus untuk menyelam. Halmahera jadi pilihan tepat, untuk yang ingin menyelam di wilayah yang belum banyak dikunjungi orang. Rasanya seperti memiliki kebanggaan tersendiri, bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya yang masih jarang terdengar atau kurang populer. Pencarian informasi soal Halmahera merupakan hal yang istimewa, tanpa pengetahuan sedikitpun tentang Halmahera sama sekali, arus laut dan suhu airnya seolah langsung memenuhi tubuh saya. Pikiran langsung melayang tentang janji-janji soal bagaimana Halmahera sebenarnya, eksotismenya, keaslian tempatnya dan kekayaan lain yang terkandung di hati dan senyum-senyum orang Halmahera.

Saat mendarat di Halmahera, saya sudah dijemput sahabat pecinta Indonesia yang sekaligus menjadi penjamu saya di Halmahera, tanpa basa-basi, dive center NDC menjadi tujuan awal. NDC adalah satu-satunya operator menyelam yang ada di Ternate, dengan seorang dive master yang tak pernah sungkan mempromosikan pesona laut Halmahera bahkan hanya dipancing lewat pertanyaan sederhana soal Halmahera. Dari wajahnya, terlihat kalau dia bangga memiliki tanah Halmahera (Part 1), Teater Hewan Macro di Laut Ternate.

Dari Ternate, petualangan bawah laut saya mulai dengan menaiki perahu bersama komunitas menyelam Halmahera ke sejumlah spot di  Tidore dan sekitarnya. Bagi pembidik biota macro, Ternate sangat cocok masuk agenda, ada berbagai macam keluarga nudie yang sibuk membesarkan anak-anaknya dengan berbagai warna warni yang mudah diingat. Jangan terlalu berharap melihat ikan-ikan besar di laut Ternate, karena memang Ternate adalah teater yang khusus mementaskan hewan macro dalam berbagai cerita drama didampingi tarian musikal dari suara air yang menyela di sudut karang dan gelembung udara.

Sabar, pertunjukan ini menyimpan bagian serunya di bagian bawah naskah, makin masuk ke dalam air, terlihat banyak bangkai kapal tenggelam di lautan Ternate, mereka parkir sembarangan, tersusun dari kapal-kapal nelayan yg sudah tidak terpakai, yang sengaja memilih tenggelam untuk menjadi rumah ikan juga tumbuhan karang laut. Bahkan, bisa dibilang dive spot di Ternate itu adalah Nudies Zoo. Silakan ambil cuti atau liburan lebih lama untuk menikmati Halmahera, karena surga Indonesia yang satu ini akan selalu memiliki cara untuk menahanmu lebih dari dua, tiga bahkan 7 hari. Halmahera (Part 1), Teater Hewan Macro di Laut Ternate, A place to remember.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

comments