Jembatan Barelang, Wisata Batam

Jembatan Barelang, Wisata Batam – by Nik

Jembatan Balerang Batam 1

Menjelajahi seluruh Indonesia adalah impian saya selanjutnya ketika satu impian masa kecil, mengunjungi Manado terkabulkan. Dan pada tahun 2009 saya berkesempatan untuk menginjakkan kaki ke Batam. Ada satu tempat wisata yang menjadi tujuan favorit bagi masyarakat setempat yang tentu perlu sahabat inindonesiaku.com ketahui, yaitu Jembatan Barelang .

Jembatan Balerang Batam 2

Jembatan Barelang singkatan dari BAtam, REmpang, dan gaLANG adalah nama jembatan yang menghubungkan pulau-pulau indah di Indonesia, termasuk Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.  Ada  yang menyebutnya “Jembatan Habibie”, karena presiden Indonesia ke-tiga inilah yang memprakarsai pembangunan jembatan itu untuk menfasilitasi kehidupan ekonomi setempat, untuk selanjutnya berkembang menjadi wilayah industri di Kepulauan Riau. Masyarakat setempat menyebutnya “Jembatan Barelang”, Wisata Batam.

Jembatan Balerang Batam 3

Jarak dari pusat kota Batam ke Jembatan Satu Barelang berkisar 20 kilometer, dan perjalanan ini terasa lebih menggairahkan jika ditempuh menggunakan sepeda motor. Sampai di lokasi saya menikmati jembatan pertama. Satu jembatan saja waktu saya tidak cukup untuk menikmati keindahan panorama di sekeliling jembatan tersebut dan rasa penasaran menggeliat tidak sabar untuk melihat kejutan lainnya di depan. Terdapat banyak pulau-pulau kecil di sekitar Jembatan Barelang, yang juga bersolek dengan tebing-tebing indah. Kesempatan kali ini saya tidak boleh hanya menikmati diatas jembatan saja, suasana pemandangan di bawah jembatan tidak kalah menarik dari saat menangkapnya di atas. Saat menikmati keindahan sekitar Jembatan Barelang, hati berdegub dan sedikit berteriak, Indonesia, setiap sudutmu selalu tampak indah, jika Indonesia adalah seseorang, pasti saya sudah peluk Ia erat sembari bersyukur ada di dekatnya. Prosesi ini tak juga dilepas begitu saja tanpa mengabadikan keindahan setiap momen kebersamaan kami dengan Jembatan Barelang.

Jembatan Balerang Batam 4

Belum puas menikmati keindahan Jembatan Barelang, waktu memaksa saya harus kembali ke kota Batam. Dan dari saat membulat tekad dan salam perpisahan manis yang berisi, Jembatan Barelang, Wisata Batam tunggu saya kembali, karena saya belum memelukmu seutuhnya. Meski baru sampai Jembatang Barelang Satu, sungguh a place to remember.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

comments