Misteri Danau Tolire

Misteri Danau Tolire - by Arum Silviani

murotai 1Saat itu masih bulan Juni di waktu makan siang. Ternate masih menyimpan surga-surga kecil untuk disinggahi dan diabadikan untuk sahabat pecinta Indonesia di inindonesiaku.com. Saya singgah di sebuah restoran lokal untuk mencicipi citarasa khas dari racikan budaya Ternate lewat masakannya. Ternyata, kebanyakan menu tradisional Ternate diadaptasi dari masakan Sulawesi yang banyak menghidangkan menu seperti ikan bakar dan gulai. Ternate ini memang penuh kejutan bagi Saya, degan tanpa basa-basi, balkon restoran tempat Saya makan siang punya menu spesial yang tidak kalah lezatnya. Balkon ini menghadap langsung ke Pulau Tidore dan Murotai, yang terakhir Saya lihat lewat liputan di televisi.

Saya nikmati menu kejutan ini dengan ditemani es kelapa muda gula merah, dahaga tentang keindahan, tentang rasa lapar dan haus terselesaikan dalam satu waktu. dalam hati terbersit, bahwa begini seharusnya menikmati Indonesia.Kekaguman Saya kembali mencuat ketika melanjutkan perjalanan danmelewati perkebunan pala dan cengkih. Inilah harta karun yang dimiliki pulau Ternate, yang justru membawa rasa irimalapetaka buat rakyatnya di masa lalu. Membangkitkan rasa iri Portugis, negeri nun jauh di belahan bumi sana.

murotai 2

Dahulu, bangsa portugis mula-mula jatuh cinta dan menginginkan untuk membeli biji cengkih, kemudian tak puas sehingga mereka menginginkan buahnya, selanjutnya tak puas lagi, lantas diambil daunnya, hingga akhirnya ego mendorong mereka untuk memiliki surga Ternate dan Tidore secara paksa. Keramahan masyarakat Ternate dibalas tidak dengan semestinya. Menyulut kemarahan masyarakat Ternate untuk membabat habis Pohon cengkih, dan hanya satu pohon yang tersisa saat itu. Hingga saat ini, pohon yang menjadi saksi cerita turun temurun masih berdiri tegak, meskipun usianya sudah lebih dari tiga setengah abad. Konon besar pohon itu saat ini sudah sepuluh kali pelukan orang dewasa.

es kelapa muda

Tanpa terasa, saya sampai di sebuah danau persis di kaki Gunung Gamalama. Udara sejuk dan pemandangan asri menjadi ciri khas tempat ini. Danau Tolire berada jauh di bawah lereng, airnya berwarna hijau tua.Menurut informasi, danau ini sangatlah dalam, meskipun belum ada seorangpun yang mengukur berapa kedalaman sebenarnya. Cerita legenda penduduk sekitar mengatakan, sekuat apapun kita melempar sebuah benda ke arah danau, sejauh ini tak ada yang mampu menyentuh airnya. Sebelum sampai ke permukaan air, benda-benda tersebut seolah lenyap, seakan tidak tega mengganggu danau yang manis ini dari sifat tenang. Misteri yang terkandung di dalamnya. Saya sendiri membuktikannya. Ketika saya mencoba melemparkan batu ke dasar danau, seketika batu tersebut menghilang sebelum sampai ke permukaan air di bawah sana. Kalau anda berkunjung kemari, anda dapat mencobanya juga. Namun ingat, jangan sembunyi tangan setelah melempar batu, ya. Dengan kata lain, jangan lupa bayar setelahnya. Karena batu-batu tersebut dihargai Rp 2000,00 per batu untuk menguji Misteri Danau Tolire.

Danau Tolire punya kembaran, yang satu dijuluki Danau Tolire Besar, dan satunya lagi Danau Tolire kecil. Menurut cerita masyarakat setempat, kedua danau ini dulunya adalah sebuah kampung yang masyarakatnya hidup sejahtera. Kampung ini kemudian dikutuk menjadi danau oleh penguasa alam semesta, akibat salah seorang ayah di kampung itu menghamili anak gadisnya sendiri. Saat ayah dan anak gadisnya yang dihamilinya itu akan melarikan diri ke luar kampung, tiba-tiba tanah tempat mereka berdiri anjlok dan berubah menjadi danau. Danau Tolire Besar dipercaya sebagai tempat si Ayah, sedangkan Danau Tolire Kecil diyakini sebagai tempat si Gadis. 

danau tolire 2Danau Tolire juga jadi tempat paling cocok untuk mengagumi gunung Gamalama dengan cara menyenangkan. Apalagi di sekitar danau Tolire besar, pepohonan cermai rimbun memayungi saya dari genit cahaya matahari. Jadi, jangan lewatkan menikmati suasana Gunung Gamalama dan hijaunya air danau yang eksotis dari tempat ini. Untuk sahabat pecinta Indonesia, sejuknya udara dan indahnya pemandangan Tolire di Ternate mengajarkanSaya akan satu hal, bahwa surga duniabisa jadi ujian. Misteri Danau Tolire, adalah sebagian kecil dari besarnya Indonesia yang harus anda nikmati dengan hati, dan bisa jadi daftar travel trip anda sahabat inindonesiaku.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

comments

4 Comments on “Misteri Danau Tolire

  1. indonesia memang luar biasa selain ramah orangnya dan eksotis, indonesia juga memiliki keindahan alam yang luar biasa dan tentu saja harus diketahui oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara