Pantai Menganti, Meniti Indahnya Tebing, Bukit & Pasir Putihnya

Pantai Menganti, Meniti Indahnya Tebing, Bukit & Pasir Putihnya

Salah satu hikmah saat kita tersesat adalah menemukan tempat baru. Hal itu yang saya alami musim mudik tahun lalu. Alih – alih mengikuti jalur mudik yang padat merayap berkilo-kilo meter di daerah Jawa tengah, saya dan keluarga diarahkan melalui jalur alternatif bagian selatan. Meskipun berkali-kali salah berbelok karena jalan khas pedesaan yang lumayan membingungkan akhirnya terbayarkan dengan pengalaman baru, ternyata di jalur selatan, jalanannya tidak kalah indah.

Di jalur selatan Jawa Tengah kami menemukan jajaran pantai berpasir putih saat memasuki daerah Kebumen. Jika anda datang dari arah Barat, pertama kali Anda akan bertemu dengan Pantai Ayah. Memasuki Jembatan menuju pantai Ayah, Anda dan akan segera disambut wangi udara air laut yang khas. Pasir, Ombak & Ikan – ikan segar siap santap pun langsung muncul di benak kami.

Berhubung kami sudah berada di Kebumen, kami melakukan hal yang biasa dilakukan para korban nyasar yaitu googling. Ternyata, banyak nama pantai yang keluar dari laman pencari ini, salah satunya yang menurut mbah google pemandangannya paling bagus adalah Pantai Menganti. Kami pun bergegas menuju Pantai Menganti sebelum hari menjelang malam.

Perjalanan dari pantai ayah menuju pantai Menganti cukup menantang karena Jalanan yang sedikit sempit, menanjak dan Berkelok-kelok. Selama perjalanan, Kita akan disuguhkan pemandangan perbukitan dengan hutan lebat maupun bukit-bukit batu.

Tetapi seperti perjalanan lain yang ditempuh dengan banyak tantangan, akhirnya kami bisa menyaksikan pemandangan yang seindah ini :

Pantai Menganti berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, sekitar 42 Km dari pusat kota Kebumen. Pantai ini memiliki kontur pantai pasir putih yang khas dan cantik. Di Bagian Barat Anda akan menemukan pantai yang berdekatan dengan tebing-tebing batu. Semakin berjalan ke arah barat, pasir putih akan tertutup dengan batu-batu dari pecahan karang.

Di antara pantai sebelah barat & perbukitan di sebelah timur, terdapat pusat kegiatan nelayan, pasar ikan, rumah makan, fasilitas ibadah & kamar kecil untuk pengunjung. Karena garis pantai yang panjang, pengunjung pun disediakan kendaraan umum gratis oleh pengelola untuk mengangkut pengunjung dari pasar ikan ke pantai barat atau sebaliknya yang beroperasi setiap 10 menit sekali.

Setelah menikmati keindahan pantai barat, saatnya kami merasakan sensasi di perbukitan bagian timur pantai menganti. Jajaran perbukitan ini berbatasan langsung dengan lautan Samudra Hindia. Di sini pengunjung disediakan gazebo-gazebo kecil untuk berteduh sambil menikmati pemandangan ombak samudra Hindia yang memecah karang.

Jika Anda berjalan menyusuri pantai Menganti kea rah timur, Anda akan menemukan jalan-jalan setapak di sepanjang pinggir pantai. Jalan setapak ini jika diteruskan akan tembus ke pantai-pantai lainnya yang berada di pesisir Kebumen.

Pemandangan indah yang sebelumnya tidak pernah saya sangka akan saya temukan di daerah Kebumen. Jika ada kesempatan, sila meniti indahnya pantai Menganti, paket lengkap untuk menikmati harmoninya bukit, pasir putih, ombak, karang, & tebing nan cantik.  Pantai Menganti, Meniti Indahnya Tebing, Bukit & Pasir Putihnya, a place to remember.

By Arum M. Lestari (@arumugi)

Incoming search terms:

  • cerita berwisata ke pantai menganti
  • cerita pengalaman berwisata di pantai menganti kebumen
  • pantai menganti
  • pantai menganti kebumen jawa tengah
  • pemandangan jalan ke kebumen

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

comments