Pulau Kakaban, Pengalaman Berenang Bersama Ubur-Ubur Tanpa Sengatby Athinx

Kakaban yang mengingatkan, soal betapa indahnya negeri ini, soal beruntungnya sahabat inindonesiaku.com yang lahir di sini. Kakaban, dimana setiap yang datang bertindak sebagai tamu. Kakaban yang tidak berpenghuni, tapi memiliki tuan rumah yang ramah di bagian danaunya.  Menjadi salah satu sudut surga di Berau, propinsi Kalimantan TimurBertetangga dekat dengan pulau Derawan yang juga tidak kalah menawan. Kakaban adalah warisan Tuhan untuk Indonesia, dari luasnya dunia, hanya ada dua danau istimewa yang menjadi hadiah Tuhan untuk manusia, salah satunya punya Kakaban.

jellyfish kakaban island 3

jellyfish kakaban island 1

Indahan Dasar Laut Derawan2

Bukan bermaksud ingin berlebihan, Kakaban memang punya keajaiban, panorama indah sudah menjadi cirinya saat datang di dermaga. Kalau tak mau banyak basa-basi dan langsung masuk ke danau Kakaban, pasti terasa jika danaunya bukan seperti danau kebanyakan, rasa airnya persis seperti campuran asin air laut dan tawar air hujan. Keunikan terbesar lainnya dari Kakaban, adalah keberadaan ubur-ubur yang hidup sehat tanpa sengat. Jangan ragu masuk danau ini, sang ubur-ubur bertindak sebagai tuan rumah yang ramah, berenang bersama di danau Kakaban tidak akan menjadi masalah. Bila sudah merasa akrab, sentuhan lembut tanganmu membelai ubur-ubur Kakaban tak akan pernah menyakitkan. Di samping ubur-ubur yang menjadi primadona, danau Kakaban juga memiliki ekosistem danau yang beragam, lengkap dengan delapan jenis ikan, seperti Cardinal dan ikan Goby, juga jangan heran bila harus berjumpa dengan jenis ikan predator lainnya, karena mereka yang memiliki peran mulia, bertugas menjaga keseimbangan ekosistem kehidupan indah ala Pulau Kakaban, Pengalaman Berenang Bersama Ubur-Ubur Tanpa Sengat.

Indahnya Dasar Laut Derawan9

Indahnya Dasar Laut Derawan17

Indahnya Dasar Laut Derawan19

Untuk sahabat Inindonesiaku yang pecinta keindahan bawah laut, laut Kakaban memiliki julukan “underwater paradise” karena begitu banyaknya spot menggerayangi indahnya pesona bawah air yang tidak tertandingi. Ada dua divespot yang paling sering menjadi bahan perbincangan di pulau Kakaban, yakni Barracuda point dan Kakaban Wall point. Di divespot ini sahabat Inindonesiaku dapat menjumpai banyak sekali teman-teman dari jenis ikan Barracuda, bahkan hiu karang, dan luwesnya tarian penyu hijau yang tersaji dalam scenario drama kolosal.  Semua tersaji dibalut latar belakang dinding karang atoll Kakaban yang didekorasi oleh beragam jenis karang dari yang bertekstur keras hingga selunak hatimu yang pasti tak akan menolak jika diajak kembali kesini suatu saat nanti. Pokoknya, jangan segan memasukkan kamera tahan air ke sini, karena laut Kakaban juga merupakan galeri objek macro jenis nudibranch. Tapi, pada saat-saat tertentu, arus laut Kakaban mengeluarkan sisi liarnya, sehingga keahlian dan pengalaman yang cukup sangat dibutuhkan untuk sekali lagi menyelami rasa jatuh cintamu dengan Kakaban ini.  Pulau Kakaban, Pengalaman Berenang Bersama Ubur-Ubur Tanpa Sengat A place to remember.