Pulau Sempu (Part 2), Pulau dalam Pelukan Samudera Hindia

Pulau Sempu (Part 2), Pulau dalam Pelukan Samudera Hindia – by Nani Suhanda

Pulau Sempu (Part 1), Daya Tarik Danau Alami di Tengah Pulau merupakan kisah perjalanan ke Pulau Sempu yang dapat sahabat inindonesiaku.com simak pada posting sebelumnya, yang menggugah hati untuk segera bertandang ke pulau dengan danau alami ini.  Nama Pulau Sempu berasal dari nama sejenis tanaman obat yang saat ini amat langka, yakni pohon Sempu. Meski demikian, tak satupun pohon Sempu yang masih terlihat berdiri sehat di areal hutan tropis maupun hutan pantai pulau ini. Malah sejumlah pohon dari anggota keluarga jenis lain menjadi komunitas yang tumbuh subur memenuhi Sempu dengan kesejukan khas, sebut saja pohon Bendo dan mereka yang berukuran raksasa lainnya.

Sempu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu atau sebagian orang lebih senang menyebutnya Selat Sendang Biru, Sempu juga erat dalam pelukan Samudera Hindia di sekelilingnya, mulai tarikan garis dari sisi selatan, timur dan baratnya. Di balik danau Kayangan, terdengar deburan Samudera Hindia yang menghantam tebing curam di sisi selatan Pulau Sempu. Suasana seperti ini bisa dinikmati dari atas tebing di sisi danau, yang juga menyajikan luasnya hamparan Samudera Hindia.  Pulau Sempu (Part 2), Pulau dalam Pelukan Samudera Hindia.

Gerakan ombak lapang dari antero samudera Hindia terlihat jelas dari Pulau Sempu, bahkan jika air pasang gemulai lompatan lumba-lumba terlihat asyik mengajak bermain dengan senyum kita yang menatap Samudera. Namun jangan terlalu ambisius untuk menaklukan tebing lebih ke atas lagi, karena jika laut pasang datang, ombak Hindia bisa jadi akan sangat ganas. Kerendahan hati dan sifat bersyukur bisa menyelamatkanmu dari akibat penasaran yang tidak perlu.

Memang, perjalanan ke Sempu tidaklah mudah, selain butuh kesiapan fisik yang baik, kondisi mental yang kuat juga menjadi obat penjaga semangat sampai untuk ke Sempu. Melewati medan naik turun yang penuh dengan akar pohon, kayu, bebatuan serta hewan liar jangan sampai memupuskan keinginan sahabat pecinta Indonesia bertandang ke Sempu. Sesekali sempatkan rehat sejenak sambil mengembalikan kekuatan, sedikit mengobrol juga bisa makin menghangatkan kebersamaan. Sempu sangat cocok bagi si penakluk alam dan penyuka petualangan, Sempu adalah tempat menyatu dengan alam lewat peralatan camping, perbekalan dan kesadaran untuk tidak meninggalkan apapun kecuali jejak kaki dan rasa bangga pernah ke Sempu, guna menjaga kelestarian sudut Indonesia yang satu ini. Mendalami pengalaman hidup berharga di Sempu, membuat saya memiliki panggilan khusus untuknya, si Telaga Perawan, karena kesuciannya terpancar indah dalam setiap lekuk bentuk alamnya.

Sempu memang tidak akan mengambil jeda untuk merayu sahabat pecinta Indonesia agar tinggal lebih lama, setidaknya ada beberapa alasan, mulai dari pasirnya yang bersih dan lembut, telaganya yang indah, airnya yang jernih, ombaknya yang bersahabat saat harus terjaga dalam kesunyian malam, dan suasana alaminya yang memanjakan kami setiap selesai menghela rasa bersyukur telah dilahirkan di tanah ini, di Indonesia. Terima kasih Tuhan, telah menciptakan Sempu untuk kami. Pulau Sempu (Part 2), Pulau dalam Pelukan Samudera Hindia, A Place to Remember.

Incoming search terms:

  • pulau sempu sebelahnya pulau apa sih laut hindia

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

comments