Tarsius, Si Monyet Mini Kebanggaan Cagar Alam Tangkoko Manado – by Ina_nty

Tarsius Tongkoko Manado 2

Indonesia tidak hanya terkenal soal panorama alamnya yang indah, Indonesia juga dilengkapi Tuhan dengan banyak keunikan dari flora dan fauna. Saat berkunjung ke suatu daerah, pertama kali yang layak sahabat inindonesiaku.com cari adalah ciri khas dari daerah tersebut. Sempat suatu hari kaki ini melangkah di kota Manado beberapa tahun lalu, ada satu kota bernama Bitung, yang memiliki keistimewaan sebagai habitat binatang Tarsius Spectrum atau monyet mini yang konon hanya ada di Sulawesi Utara. Tepatnya, di cagar alam Tangkoko Batu Angus yang terletak di tepi pantai, berada di Kelurahan Batu Putih yang waktu tempuhnya kurang lebih satu setengah jam dari kota Manado.

Tarsius Tongkoko Manado 3

Tarsius Tongkoko Manado 6

Tarsius Tongkoko Manado 4

Tarsius si primata mungil yang sangat lucu ini besarnya kurang lebih hanya setelapak tangan orang dewasa, dengan matanya yang bulat di sertai pandangannya yang tajam ini membuat saya benar-benar ingin menyentuhnya dengan penuh kelembutan, memperlakukannya seperti bayi centil yang baru bisa berjoget lincah saat mendengar lagu poco-poco. Tarsius senang sekali bertengger di batang pohon, bersembunyi di antara hijaunya daun. Meski pendiam, Tarsius adalah pengamat yang handal, seakan sambil mempelajari berbagai hal, Tarsius menatapi satu persatu tamu yang datang mengunjunginya di cagar alam Tangkoko. Pola matanya bergerak seolah menyeleksi siapa yang beruntung untuk dapat menyentuhnya. Tarsius juga tergolong hewan sadar kamera, pose-nya selalu siap bergaya menyambut bidikan kamera sahabat inindonesiaku, tapi jangan sekali-kali membuatnya kaget, karena Tarsius bisa seketika menjadi pemalu dan memiliki mood yang susah dikontrol, jadi senang menyendiri.  Itulah ciri khas Tarsius, Si Monyet Mini Kebanggaan Cagar Alam Tangkoko Manado.

Tarsius Tongkoko Manado 7

Tarsius Tongkoko Manado 8

Tarsius Tongkoko Manado 1

Pada dasarnya, Tarsius si monyet mini ini memang memiliki sifat sangat pemalu, bagai anak kecil yang memilih diam meski perempuan cantik mati-matian menggodanya. Tak heran, jika hanya sedikit orang yang bisa mengambil hatinya, apalagi bisa intim dengan Tarsius. Sayapun sempat bingung untuk memilih sedih karena seperti ditolak mentah-mentah oleh sosok yang saya kagumi, bahkan sangat sedih karena tidak bisa sekedar berjabat tangan dengannya. Meski demikian, saya bangga dan bahagia karena bisa  bertatap muka dengan salah satu legenda hidup di kerajaan fauna yang satu ini. Walau sebentar waktu bisa mengaguminya dari dekat tapi Tarsius, Si Monyet Mini Kebanggaan Cagar Alam Tangkoko Manado ini akan selalu hidup dalam ingatan saya dan sungguh  a place to remember.