Wakatobi, Taman Nasional dengan Ribuan Terumbu Karang

Wakatobi, Taman Nasional dengan Ribuan Terumbu Karang – by @Wakatobidive

Pernahkah sahabat inindonesiaku.com membayangkan satu tempat paling indah di dunia ini, baik saat menjamahi aktivitas darat maupun tenggelam di dunia bawah air? Wakatobi tempatnya. Sesuai nama panggilannya, kata Wakatobi terbentuk dari singkatan empat pulau utama di sana, yaitu Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko, yang juga menjadi salah satu bagian dari kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara. Meski sebelumnya hanya tahu lewat foto di internet dan cerita-cerita dari sahabat inindonesaku lainnya soal Wakatobi, membayangkannya saja kalian pasti akan langsung bisa mengakui keindahannya.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara 2

Saat tiba, sahabat inindonesiaku akan langsung dihadang pantai yang sangat indah berpasir putih diiringi dengan nyiur melambai air yang mengombak kecil dan sangat jernih. Gugusan kepulauan di Wakatobi memiliki keaslian alam yang tak tertandingi, mungkin bisa dibilang, dari bocoran surga yang jatuh ke dunia dan menjadi Indonesia, Wakatobi menjadi satu dari banyak surga-surga mini yang tak mungkin dapat saling dibandingkan. Pantai dan air laut yang tenang, udara yang segar, jangan lupakan juga soal gua-gua bawah lautnya yang saling senang bertetangga dan akrab dengan para penyelam, itulah Wakatobi, Taman Nasional dengan Ribuan Terumbu Karang.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Luas total area Wakatobi sekitar satu koma empat juta hektar, dari pantai ke perairannya memiliki konfigurasi yang khas, mulai dari datar, melandai ke arah laut, dan bertubir curam. Dengan memiliki tujuh ratus lima puluh jenis terumbu karang, Wakatobi merupakan kompleks terumbu karang satu-satunya yang terbesar di dunia. Hamparan terumbu karang Wakatobi terbentang luas dengan topografi bawah laut yang kompleks seperti bentuk slope, flat, drop off, atoll dan underwater cave, belum lagi ditambah kekayaan biota laut yang beraneka ragam. Kedalaman lautnya bervariasi, meski tidak sesulit menebak dalamnya hati Perempuan. Bagian terdalam mencapai seribu meter dengan dasar perairan berpasir dan berkarang. Tak heran pula, Wakatobi juga menjadi panggung memamerkan bakat Ikan hias warna-warni yang gemar menari dan sibuk bermain di sela-sela terumbu karang yang luar biasa eksotis.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara 1

Wakatobi, Sulawesi Tenggara 5

Wakatobi, Sulawesi Tenggara 6

Keindahan bawah laut Wakatobi menurut saya dan banyak sahabat inindonesiaku lainnya, merupakan obyek wisata bawah laut terik, dan sangat menarik di dunia. Saya juga pernah sesekali tersadar, kalau kita orang Indonesia tak kenapa pernah sekali-kali sedikit manja, karena Tuhan telah memberikan kita segalanya, termasuk Wakatobi. Pemahaman seperti ini mungkin menjadi salah satu alasan, kenapa Taman Nasional Wakatobi tidak pernah sepi dari para wisatawan.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara 4

Wakatobi, Sulawesi Tenggara 7

Wakatobi, Sulawesi Tenggara 9

Wakatobi benar-benar galeri lengkap untuk menemukan beragam jenis ikan ,seperti ikan nemo, atau lion fish, dan jenis ikan lainnya sahabat inindonesiaku bisa memuaskan segala ekspektasi, rasa penasaran atau kembali memperbaharui rasa kekaguman soal bawah laut hanya di Wakatobi. Bahkan Paus putih selalu memasukkan singgah ke Wakatobi dalam daftar liburannya ketika belahan bumi lain membeku. Wakatobi, Taman Nasional dengan Ribuan Terumbu Karang, a place to remember.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

comments

8 Comments on “Wakatobi, Taman Nasional dengan Ribuan Terumbu Karang

  1. woow, taman bawah lautnya itu keren banget, seperti di Bonaken, semoga keindahannya akan tetap terjaga selama alam sendiri yang merubahnya.

    Keindahan alam sering rusak gara-gara manusia.

  2. I just want to tell you that I am newbie to blogs and definitely enjoyed your web site. Most likely I’m planning to bookmark your website . You absolutely have wonderful writings. Regards for sharing with us your web-site.

  3. I truly love your site.. Pleasant colors & theme.
    Did you create this website yourself? Please reply back as I’m planning to create my
    very own website and want to know where you got this
    from or exactly what the theme is named. Appreciate it!

  4. May I simply say what a relief to discover someone who really understands what they’re discussing
    on the internet. You certainly realize how to bring an issue to light and make it important.
    More people really need to check this out
    and understand this side of your story. It’s surprising you’re not more
    popular given that you most certainly have the gift.

  5. Howdy, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just wondering if you get a lot of spam comments?

    If so how do you protect against it, any plugin or anything you can suggest?

    I get so much lately it’s driving me mad so any support is very much appreciated.