Saya angkut teman perjalanan yang sempurna untuk menghabiskan weekend kali ini ke Lombok karena ada tiket pulang pergi seharga Rp1.220.000 dengan jam penerbangan yang pas dari maskapai Air Asia.

Saya ajak sahabat inindonesiaku.com lainnya yaitu Nik, Adel, Jeany dan Destar, kami berlima berangkat Jumat pagi jam 08.25 dari Jakarta dan pulang di Minggu sore jam 17.30 dari Lombok.

Tiket terbeli lalu saatnya tentukan mau kemana saat di Lombok nanti ? ke air terjun ? ke pantai yang di ujung-ujungnya Lombok atau ke Sembalun ?

Kami kompak putuskan ….. Jumat Sabtu Minggu Di Gili Trawangan, Lombok selain pantainya bagus, biaya tripnya pun sesuai isi dompet hehe per orang menghabiskan Rp3.000.000 dan hanya cuti kerja 1 hari saja.

Ngapain aja di Gili Trawangan ?

Ngeliatin bule berkeliaran hahaha. Banyak hal dapat di lakukan di Gili Trawangan.

Bersepeda keliling Gili Trawangan adalah salah satu cara tuk menikmati setiap jengkal pantainya nan indah dan berpasir putih.

Jalanan Gili Trawangan

Snorkeling dan diving sudah pasti jadi alasan utama pengunjung datang ke Gili Trawangan karena airnya jernih, banyak ikan hias betebaran dan kalo beruntung bisa ketemu penyu.

Berburu kuliner dari cafe ke cafe saat malam pun menjadi hal menyenangkan untuk memanjakan lidah.

Party, disco, bergoyang ditemani life music pun dapat di lakukan hingga tengah malam di Gili Trawangan.

Hal sederhana lainnya yang dapat di lakukan di Gili Trawangan adalah berjalan kaki sore-sore di pinggir pantai memanjakan mata dengan aneka ragam pemandangan sunset yang aduhai.

Banyak restaurant pinggir pantai yang menyediakan tempat instagramable untuk pengunjung bersantai menikmati sunset tapi perhatikan harga makanan dan minumannya loh ya hehehe tidak murah-murah amat.

Ayunan di pinggir pantai

Itenerary Jumat Sabtu Minggu di Gili Trawangan, Lombok

Begini lah cara kami menikmati weekend 3H2N di Gili Trawangan, Lombok :

Day 1, Jumat :
  • 08.25 Take off dari Jakarta ke Lombok (Harga tiket Air Asia pulang pergi perorang Rp1.220.000)
  • 12.00 Tiba di Bandara Lombok lalu nunggu supir sholat jumat dulu sambil nongkrong di coffee shop di dalam bandara
  • 13.30 Makan siang “Sate Rembiga”, sate daging sapi pedas (harga seporsi sate isi 10 tusuk Rp25.000)
  • 15.30 Nyebrang dengan kapal ekonomi dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan (harga tiket Rp87.500 tuk 5 orang)
  • 16.00 Sampai di Gili Trawangan lalu check in di Black Penny Hotel (Sewa 1 villa isi 2 kamar + 1 extra bed + breakfast dengan private pool tuk 2 malam seharga Rp3.000.000)
  • 17.00 Jalan sore, nunggu sunset sambil nongkrong di Restaurant PinkCoco (beli es kelapa Rp40.000, mahal ya hahaha)
  • 19.30 Makan malam (makan di pasar sentral, paket nasi dengan 4 lauk Rp30.000, sate-sate an @Rp30.000, ada sate ayam, sapi, tuna, cumi dan semuanya enak)
  • 22.00 Istirahat
Sunset Ayunan di Rest PinkCoco
Sunset
Day 2, Sabtu :
  • 08.00 Sarapan di hotel aja yang gratis karena restaurant hotelnya pun pas di pinggir pantai
  • 10.00 Santai sejenak di hotel sambil poto-poto di private pool nya yang kecil mungil
  • 12.00 Bersepeda keliling Gili Trawangan (sewa 1 sepeda seharian Rp50.000, sewa alat snorkeling lengkap Rp50.000. Sepeda & alat snorkeling harus di kembalikan lagi ke penyewanya ya)
  • 13.00 Makan siang di GiliBong trus snorkeling di turtle point yang banyak penyu (nasi goreng Rp70.000, Es Kelapa Rp25.000)
  • 16.00 Nongkrong di pinggir pantai sambil ngopi dan nunggu sunset lagi deh (cheese cake Rp50.000, es kelapa Rp25.000)
  • 18.30 Kembali ke hotel, mandi
  • 20.00 Cari makan malam (beli spagheti + gingger tea di Restaurant Italian Job, per orang Rp150.000 )
  • 22.00 Nongkrong di resto Hotel Black Penny dan nyobain expresso martini seharga Rp47.000 yang maknyus bikin gak bisa tidur hohoho
  • 24.00 Masuk kamar sambil dengerin musik party jedag jedug di hotel sebelah sampai jam 2 pagi
Sepeda keliling Gili
Sunset
Day 3, Minggu :
  • 05.30 jalan pagi di pinggir pantai
  • 08.00 Sarapan
  • 09.30 Di jemput speedboat dari Gili Trawangan ke Lombok (sewa 1 speedboat Rp350.000, bisa di isi maks 8 orang)
  • 09.45 Sampai di Teluk Nara lalu mampir ke Toko Sasaku tuk beli oleh-oleh Lombok
  • 12.30 Makan siang di Restaurant Ashtari di Lombok Tengah, bisa liat pemandangan pantai Kuta Mandalika (makan ber enam habis Rp635.000, menu recomended : Ravioli)
  • 14.00 Mampir sebentar ke Pantai Kuta Mandalika
  • 15.00 Meluncur ke Bandara, mampir beli Nasi Balap Puyung untuk di bawa pulang ke Jakarta
  • 16.00 Check in di Bandara Lombok
  • 17.30 Take Off dari Lombok ke Jakarta
  • 18.30 Sampai di Jakarta deh dan KEMBALI KE KEHIDUPAN NYATA hahaha

Bagaimana cara Gili Trawangan ?

Gili Trawangan adalah pulau yang lokasi nya misah dari Pulau Lombok jadi tuk menuju ke Gili Trawangan dari Lombok harus nyebrang pakai perahu.

Pelabuhan Bangsal merupakan pelabuhan yang melayani penyebrangan dari Lombok ke Gili Trawangan tapi hanya beroperasi sampai jam 5 sore ya.

Ada beberapa jenis kapal/perahu tuk nyebrang ke Gili Trawangan dari Pelabuhan Bangsal :

1.Kapal ekonomi, tiketnya murah Rp15.000/orang, waktu penyebrangan 30 menit, kekurangannya : harus nunggu kapal penuh dulu baru bisa di berangkatkan, penuh nya tuh bisa 30-40 orang, jika sedang ramai pengunjung sih gak lama juga langsung penuh

2.Fastboat, tiket nya Rp85.000/orang, waktu penyebrangan 15 menit, berangkat sesuai jam yang sudah di tentukan

Adakah penyebrangan malam ke Gili Trawangan ?

Bagaimana jika siangnya ingin menikmati Kota Lombok lalu malam nya nginap di Gili Trawangan ??

Ohh tenang .. sekarang sudah tersedia penyebrangan 24 jam dari Lombok ke Gili Trawangan TAPI dengan menyewa speedboat dari Teluk Nara, ingat yaa Teluk Nara bukan dari Pelabuhan bangsal, lokasi Teluk Nara ada di sekitar Senggigi.

Berapa harga sewa speedboat dari Teluk Nara ke Gili Trawangan ?

Wah mahal donk bayar speedboat nya? mahal jika cuma sendiri atau berdua tapi murah jika rombongan berlima seperti saya.

Harga sewa speedboat dari Teluk Nara ke Gili Trawangan adalah Rp350.000 per boat dan bisa di isi maksimal 8 orang, jika di hitung Rp350.000 di bagi 8 orang = Rp43.750 per orang, murah kan.

Enak nya lagi hanya butuh waktu 10 menit saja nyebrang dari Teluk Nara ke Gili Trawangan dan bisa nyebrang kapan saja, mau jam 10 malem, jam 12 malem, jam 2 pagi bebas tinggal booking aja, nih nomor telepon supir speedboat di Teluk Nara namanya Pa Wawan di 0853 3865 7277.

Menuju Gili Trawangan juga bisa menggunakan perahu / speedboat dari Pulau Bali, pokoknya gampang deh.

Tips jika ingin berlibur di Gili Trawangan

Berlibur di Gili Trawangan sangat nyaman tuk keluarga yang ingin membawa anak kecil, banyak penginapan dan banyak rumah makan, berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu:

  1. Beli minuman dan cemilan di Kota Lombok aja karena jika beli di Gii Trawangan harganya lumayan mahal, contoh Aqua 600 di jual seharga Rp8.000 per botol,
  2. Jika ingin dekat dengan pusat keramaian soo cari penginapan yang tidak jauh dari dermaga / pasar sentral agar tidak jalan kaki terlalu jauh,
  3. Jika rombongan 8 orang lebih nyaman sewa 1 speedboat, bisa langsung turun di depan hotel jika hotelnya di pinggir pantai tapi di kala air surut mau gak mau anda akan di turunkan di dermaga juga sih,
  4. Pasar sentral selalu ramai hampir setiap malam jadi jika ingin lebih tenang dan sepi pilih penginapan yang jauh dari sentral lalu sewa delman aja, setiap hotel pasti punya nomor kontak supir delman,
  5. Jika datang saat weekend lebih baik booking penginapan dulu supaya aman,
  6. Nyaman sih cari penginapan di pinggir pantai walau harga sedikit lebih mahal tapi klo tertarik dengan penginapan yang agak masuk ke dalam-dalam gank juga gak masalah, anda bisa sewa sepeda,
  7. Kita bisa berenang atau snorkeling bebas di pantai nya tanpa di pungut biaya lagi,
  8. Walaupun Gili Trawangan terkenal dengan pulau bebas pencuri karena jika ketauan mencuri maka akan di permalukan di arak keliling pulau dan tidak di perbolehkan lagi datang ke Gili Trawangan seumur hidup tapi tetaplah berjaga-jaga loh yaa
Tempat Instagramable di Pinggir Pantai

Penginapan Kami

Kami pilih nginap di Hotel Black Penny karena lokasi tidak jauh dari sentral dan di pinggir pantai, saya booking langsung melalui manager hotel nya yaitu Pak Ahmad di nomor telepon 0821 4722 8522.

Jika sahabat inindonesiaku.com tidak mau repot urus ini itu soo hubungi saja Sdr. Nando di nomor telepon 0822 4741 5664, Nando ini warga Lombok yang terbiasa ngurus rombongan yang ingin berlibur ke Lombok.

Pantai di depan Hotel Black Penny

Sahabat inindonesiaku.com masih bingung mau ngabisin weekend kemana ?? segera putuskan Ke Gili Trawangan aja hahaha.  Jumat Sabtu Minggu Di Gili Trawangan, Lombok cukuplah untuk menyegarkan sejenak hati, jiwa dan raga dari kepenatan kehidupan.

Gili Trawangan sungguh a place to remember.

By Ina_nty

Biaya 3 Hari 2 Malam di Gili Trawangan