Wisata Banjarmasin, Nikmatnya Kuliner Sate Ayam dan Soto Banjar

Wisata Banjarmasin, Nikmatnya Kuliner Sate Ayam dan Soto Banjar - by Arum Silviani

Jangan katakan sahabat inindonesiaku.com telah menapakkan kaki ke Kalimantan Selatan, sebelum menikmati kuliner khas yang satu ini. Soto Banjar. Menu nusantara persembahan asli suku Banjar berbahan utama daging ayam dibalut aroma rempah yang memikat, dan tenar dengan nama yang sama dari tempat asalnya. Saat semangkuk Soto tersaji di mejaku, keharuman rempah asli Indonesia seketika menggelitik hidung. Makan kali ini terasa sungguh berbeda, dimana aroma yang mengepul dari mangkuk berpadu dengan cengkeh, kapulaga, biji pala, dan kayu manis dalam kuahnya, menawarkan kelezatan dan citarasa yang sempurna. Suwiran daging ayam yang ikut bermandi dengan ketupat, rebusan telur, juga perkedel kentang membuat lidah tak sabar untuk bergoyang demi menghentikan alunan suara perut. Tak ketinggalan, potongan jeruk nipis bertengger di atas piring. Siap meneteskan sarinya ke dalam kuah guna menambah kesegaran rasa Soto.

Soto Banjar Kalimantan Selatan

Penjual Soto Banjar rupanya gemar menyandingkan Soto dengan empuknya Sate Ayam. Jangan pernah ragukan kelezatan sate dalam setiap tusuknya, karena Sate adalah satu dari jutaan primadona kuliner asli Indonesia. Tak tanggung-tanggung, rubrik media pemberitaan internasional CNNgo.com menempatkan Sate di posisi ke-empat belas sebagai makanan terlezat di dunia. Bahkan presiden Amerika Serikat Barack Obama selalu mengingat cara mengatakan Sate dalam bahasa Indonesia, karena sudah terlanjur jatuh cinta dengan kuliner yang satu ini.  Kenikmatan seperti ini dapat diperoleh dengan Wisata Banjarmasin, Nikmatnya Kuliner Sate Ayam dan Soto Banjar di Kalimantan Selatan.

Sate Banjar Kalimantan Selatan

Sate sendiri merupakan kumpulan daging yang dipotong kecil-kecil, ditusuki dengan lidi tulang daun kelapa atau batangan bambu yang teraut runcing kemudian dibakar di atas bara api dari arang kayu atau batok kelapa. Sate biasanya disajikan dengan bumbu kaya kreativitas, tergantung pada variasi resep yang dianut. Namun Sate Banjar biasanya disajikan dengan saus kacang. Tentunya bukan hal yang berlebihan jika masakan Indonesia menjadi pujaan sahabat pecinta Indonesia dari segala belahan bumi. Sebuah dokumentasi kelezatan sempurna persembahan nusantara tercinta, tercipta dari resep-resep warisan leluhur. Dan akan bertambah kesempurnaannya jika dinikmati di tepian sungai Barito sambil menatap perahu yang berlalu lalang. Untuk para pecinta kuliner, hanya di Wisata Banjarmasin, Nikmatnya Kuliner Sate Ayam dan Soto Banjar, a place to remember.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

comments

Comments are closed.