Wisata Bondowoso, 3 hari di Bondowoso (Gunung Ijen, Pantai Watu Ulo, Pantai Tanjung Papuma)

Wisata Bondowoso, 3 hari di Bondowoso (Gunung Ijen, Pantai Watu Ulo, Pantai Tanjung Papuma)

Bondowoso, kota kecil nan sejuk. Beruntung tak menolak ajakan sahabat tuk menginap di rumahnya di Bondowoso, selain bisa makan bakso Bondowoso hehe maklum penggemar bakso ternyata bisa jalan – jalan sampai ke Pantai Tanjung Papuma di Jember.

Jumat malam, saya dan sahabat inindonesiaku.com pilih menaiki kereta Eksekutif Sembrani, berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta jam 7 malam dan tiba di Stasiun Pasar Turi, Surabaya jam 6 pagi. Kita pilih kereta eksekutif agar bisa tidur dengan nyenyak maklum umur sudah tidak muda lagi.

Kereta Api Sembrani

Day 1 Sabtu : Stasiun Pasar Turi, Surabaya – Bondowoso

Sabtu jam 6 pagi tiba di Stasiun Pasar Turi, Surabaya. Supir yang kami sewa dari Bondowoso sudah menjemput di Stasiun Pasar Turi.  Setelah Pak supir istirahat sebentar, jam 8 pagi kami mulai perjalanan dengan memilih rute lewat Probolinggo karena ingin mencicipi Rawon Nguling khas nya Probolinggo, sekitar jam 10.30 an kami tiba di warung Rawon Nguling yang memang rasa enaknya gak bohong. RM Rawon Nguling ini menyediakan toilet untuk mandi yang bersih nyaman. Jam 1 siang kami lanjutkan perjalanan menuju Bondowoso & sempetin mampir ke Toko Kue Matahari khasnya Pasuruan, kami cicipi roti kejunya tapi semua roti di toko ini ternyata enak kok hehe. Jam 4 sore sampai juga di Bondowoso, kebetulan sekali tidak jauh dari rumah teman ada warung bakso yang enak hahaha yuk ngebakso dulu. Setelah mandi dan istirahat jam 10 malam kami berangkat menuju Patulding untuk melihat api biru/blue fire di Gunung Ijen, butuh 2 jam perjalanan dari Bondowoso ke Patulding dengan kendaraan roda empat.

Bakso Bondowoso

Gunung Ijen

Day 2 Minggu : Bondowoso – Gunung Ijen – Pantai Watu Ulo – Pantai Tanjung Papuma – Bondowoso

Tepat jam 12 malam kami tiba di parkiran Patulding, jam 02.00 wib kami mulai mendaki ke Puncak Gunung Ijen untuk melihat api biru dan menikmati “Kawah Ijen”, butuh 2 jam mendaki ke puncak Gunung Ijen dengan jalan kaki santai yang jarak tempuhnya kurang lebih 3KM. Keindahan Taman Nasional Gunung Ijen tak perlu diragukan lagi  silahkan buktikan saja sendiri. Jam 9 pagi kami mencari sarapan di sekitar Patulding lalu lanjut menuju Jember. Jam 1 siang kami sampai di Pantai Watu Ulo, pantai indah berpasir hitam dengan airnya yang jernih & ombaknya yang besar. Jika sudah mampir ke Pantai Watu Ulo wajib mampir juga ke Pantai Tanjung Papuma yang terkenal itu karena jaraknya sangat berdekatan. Pantai Tanjung Papuma terlihat lebih ramai dan sudah tertata rapi, banyak warung makan seafood di sini.  Sayangnya di antara kami tidak ada yang membawa pakaian renang, padahal ingin sekali nyebur merasakan air pantainya, kami memilih bersantap seafood sambil menatap keindahan Pantai Tanjung Papuma. Jam 4 sore kami putuskan kembali ke Bondowoso, butuh kira – kira 2,5 jam perjalanan. Setelah mandi kami nikmati makan malam dan ngopi di alun – alun Bondowoso.

Kawan Ijen

Pantai Watu Ulo

Pantai Tanjung Papuma

Day 3 Senin : Bondowoso – Jakarta

Pulas tertidur setelah menghabiskan minggu seharian mengunjungi Gunung Ijen, Pantai Watu Ulo dan Pantai Tanjung Papuma bangun pun agak siang dengan pinggang sedikit encok plus kaki pegal – pegal hehe,  jam 11 siang kami meninggalkan Bondowoso menuju Stasiun Pasar Turi, Surabaya untuk naik kereta Eks Argo Anggrek yang akan membawa kami kembali ke Jakarta. Saat di Surabaya kami sempetin bungkus Bebek Sinjay tuk disantap sebagai menu makan malam di kereta. Jam 18.30 wib kami tiba di Stasiun Pasar Turi menunggu kereta yang berangkat jam 8 malam kebetulan di ruang tunggu Stasiun Pasar Turi ada penyewaan kursi pijat, pas banget lah. Selasa Jam 5 pagi kami tiba dengan selamat di Jakarta.

Rincian biaya untuk 5 orang :

  • Kereta Sembrani, jumat malam Gambir – Pasar Turi @Rp. 375.000 ( pesen 3 bulan sebelumnya )
  • Kereta Argo Anggrek, senin malam Pasar Turi – Gambir @Rp. 375.000 ( pesen 3 bulan sebelumnya )
  • Sewa mobil + supir 3 hari ( sabtu,minggu,senin) Rp. 1.500.000
  • BBM + tol + parkir + tips tambahan supir Rp. 850.000
  • Makan 5 orang + supir Rp. 1.000.000
  • Tiket masuk objek wisata Rp. 300.000

Total biaya di share : 1.500.000 + 850.000 + 1.000.000 + 300.000 = 3.650.000 / 5 orang = @Rp. 730.000

Biaya per orang : tiket kereta pp Rp. 750.000 + trip Rp. 730.000 = Rp. 1.480.000

Biaya perjalanan kali ini cukup terjangkau, per orang Rp. 1.500.000 sudah semua termasuk tiket kereta pp, supir dan sewa mobil, makan selama perjalanan, agak tertolong dengan tidak mengeluarkan biaya sewa hotel saja karena nginap di rumah teman di Bondowoso.  Wisata Bondowoso, 3 hari di Bondowoso (Gunung Ijen, Pantai Watu Ulo, Pantai Tanjung Papuma) bikin kaki pegal, perut makin lebar, tapi semua tempat itu sungguh a place to remember.

By Ina_nty

Incoming search terms:

  • wisata pantai bondowoso

Comments

comments