Wisata Raja Ampat, Wayag 1 dan Pianemo Sama Indahnya

Wisata Raja Ampat, Wayag  1  dan Pianemo Sama Indahnya

Bingung jika harus memilih 1 di antara 2 pilihan terindah, seperti jika disuruh memilih mau ke Wayag 1 atau Pianemo?? harus pilih salah satu nihh silahkan sahabat inindonesiaku.com tentukan sendiri deh yaa. Bersyukur banget saya tidak harus galau memilih karena takdir membawa saya mendatangi kedua tempat indah tersebut, Wayag 1 dan Pianemo yang sama – sama mempesona.

WAYAG 1

Jika dari Waisai menuju Wayag 1 butuh ­+ 3.5 jam perjalanan pake boat, kebetulan saya pilih nginap di Waigeo (Kamar Raja Homestay) jadi hanya 1.5 jam perjalanan saja. Setiap Boat yang datang harus ijin serta membayar biaya masuk, pengurusan administrasi tersebut dilakukan di perkampungan penduduk Desa Salpele, pokoknya sudah diatur oleh pihak tour. Untuk dapat melihat keindahan gugusan karts dari atas seperti yang gambarnya banyak muncul di IG itu ternyata harus mendaki sampai ke puncak. Kala itu Desember 2016, belum ada jalur khusus untuk mendaki, tidak ada tangga, tidak ada batas jalan setapaknya pula tapi terlihat sih bekas jalanan yang sering dilalui pengunjung nah ikuti jalan itu terus menanjak sampai atas sambil terkadang harus memegang batang pohon. Untuk lansia sih belum tentu bisa nih sampai ke puncak dan kalau musim hujan heum kayanya harus lebih banyak berhati-hati karena pasti sedikit licin jadi bisa jatuh tergelincir.

Jalan menuju puncak Wayag 1

Saya tempuh dalam 20 menit untuk dapat menginjakkan kaki di Puncak Wayag 1. Saat di puncak pun hanya ada saya dan sahabat saja. Wayag 1 lebih sepi pengunjung mungkin karena letaknya agak jauh dari Waisai. Tidak disediakan spot khusus gardu pandang di atas puncaknya, tidak ada tali/pagar pembatas untuk keamanannya juga jadi harus sangat berhati-hati karena jika terpeleset bakalan jatuh deh.  Beneran bagus?? beneran indah?? udahhhhh pasti lahh, dijamin betah berlama-lama di puncak, poto dari sisi sono sisi sini iihh gak ada puas puasnya bahkan terik panas tak dirasakan. Turun dari puncak Wayag 1 jangan langsung pulang loh berendem dulu di pantainya yang jernih sambil menikmati keunikan gugusan karts di sekitar.

View dari puncak Wayag 1

Pantai di Wayag 1

PIANEMO

Dari Waisai ke Pianemo, kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan boat, ‘ya i ya lah pake boat, mana bisa pake mobil, kan emang disini yang indah-indah adanya di tengah laut jadi gak lewatin jalan darat hehehe‘. Pianemo terlihat lebih ramai, lebih rapi dan harus mendaki ke puncak juga untuk dapat melihat keindahan gugusan kartsnya tapi jalan menuju puncaknya sudah sangat nyaman alias sudah tersusun rapi anak tangga, dalam 10 menit saja sudah tiba di puncak deh, ajak orang tua atau anak-anakpun tidak masalah.

Menuju Pianemo

Gardu Pandang Pianemo

Di puncak Pianemo tersedia 2 spot gardu pandang yang aman walaupun tidak terlalu besar jadi kala ramai kudu rela antri deh karena satiap pengunjung pasti ingin berpoto di spot gardu pandang tersebut. Jangan lupa mampirin toiletnya Pianemo yang letaknya di pulau sebrang, deket banget kok. Bilang aja ke supir Boat ‘pa, mampir ke toilet ya‘ karena harus pake boat nih, nah di kawasan toilet ini ada pantai tersembunyi yang keren yang tidak terlalu besar karena diapit tebing, saya menyebutnya ‘pantai toilet Pianemo’ hahaha coz gak ada papan namanya.  Bagusan mana Pianemo sama Wayag 1 ?? sama bagussnyaaa lahhh hahhahaa.

View dari puncak Pianemo

Pantai toilet Pianemo

Jarak Wayag 1 dengan Pianemo sangat berjauhan jadi tidak mungkin dikunjungi dalam sehari so sudahkan sahabat menentukan jika hanya sebentar saja di Raja Ampat dan harus memilih mau ke Wayag 1 atau Pianemo??? pilih yang mana??? Nah lohhh …. kalau saya sih pasti pilih dua – duanya hahaha ‘gak ngebantu ngejawab donk ya’ karena salah satu bisa marah dan iri klo gak di kunjungi hehehe tapi yang jelas keduanya sama indahnya dan wajib dikunjungi. Jika tidak punya cukup waktu saat kunjungan pertama ke Raja Ampat soo berarti sahabat wajib datang lagi.

Bagi saya  Wisata Raja Ampat, Wayag  1  dan Pianemo Sama Indahnya, keduanya sangat mempesona, gak sanggup jika harus memilih salah satu karena kedua tempat indah itu sungguh a place to remember.

 By Ina_nty

Comments

comments